Skip to main content

[PDF] Petunjuk Identifikasi Tumbuhan Bawah

Tumbuhan bawah adalah tumbuhan berupa herba dan semak serta tanaman rendah yang menutupi bagian bawah suatu kawasan hutan. Berikut ini petunjuk identifikasi tumbuhan bawah yang dikoleksi dari presentasi powerpoint mata kuliah Dendrologi Fakultas Kehutanan IPB dan UGM.
 
Dendrologi merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dipelajari jurusan kuliah saya. Sejak dulu, saya merasa ilmu ini sedikit 'ajaib'. Bahkan mungkin bukan sedikit lagi. Bayangkan saja, hanya dengan melihat sehelai daun, kita dapat mengetahui jenisnya, familinya, bahkan bentuk, jenis buah, dan tipe kulit batangnya. 'Gimana enggak magic? Saya kurang mahir dalam ilmu ini, cuma bisa bengong saja ketika teman-teman yang pandai dan dosen terkait langsung sebut nama ilmiah pohon, padahal cuma lihat daunnya dari foto.

Selain pohon, terdapat ilmu tebak ajaib lainnya yang menurut saya lebih 'parah', yaitu identifikasi tumbuhan bawah. Bagi ahli biologi khususnya botani, identifikasi tumbuhan bawah sangat penting. Khususnya untuk membedakan mana rumput/belukar yang merupakan hama, mana yang cocok untuk hiasan halaman rumah, dan mana yang sudahlah dibiarkan saja hidup (haha).
 
Ilmu identifikasi tumbuhan ini termasuk langka, padahal banyak dibutuhkan khususnya dalam inventarisasi biodiversitas. Apalagi untuk biodiversitas kawasan lindung, hmm banyak dicari dan jasa identifikasi ke pusat penelitian bisa dipatok mahal. Rekan saya mengatakan kalau di LIPI bisa mencapai Rp30.000 per spesies.

Untuk membantu Anda sekalian yang membutuhkan, berikut ini saya bagikan dua PDF petunjuk identifikasi tumbuhan bawah, lengkap dengan gambar dan uraian identitas tumbuhannya. Dapat diunduh di tautan berikut:

Konten dari modul tersebut meliputi tumbuhan bawah dari famili Asteraceae, Euphorbiaceae, Melastomataceae, Rubiaceae, Solanaceae, Zingiberaceae, Costaceae, kelompok rumput-rumputan, dan beberapa jenis penting.

Semoga bermanfaat!

Comments