Skip to main content

Rental Komik di Sekitar UGM Yogyakarta (update 2022)

Ditulis untuk semua penggemar komik yang sedang berada/menetap di Yogyakarta, khususnya untuk mahasiswa baru perantauan yang lebih suka membaca komik cetak dibanding komik daring.

Rental komik di Yogyakarta masih ada kok (puji syukur), tidak sebanyak dulu, tapi masih eksis~

Saya berlangganan berbagai rental komik di Salatiga sejak SD-SMA (sekarang sudah tutup semua, huft). Ketika masuk kuliah tahun 2014, selain bertanya di mana tempat makan murah, saya juga nanya di mana rental komik terdekat. Hingga sekitar tahun 2017, saya berlangganan di dua rental komik daerah Pogung (Cendekia dan Chinmi) yang kemudian tutup tanpa kabar, keduanya berubah jadi warmindo (burjo) 🥲

Dibantu dengan teknologi bernama Google Maps, saya pun berusaha mencari lokasi rental komik yang masih beroperasi. Beberapa kali saya "tertipu" karena informasinya tidak update, begitu didatangi, ternyata juga sudah tutup...

Berikut ini beberapa rental komik yang masih beroperasi per Januari 2022, di sekitar UGM dan Yogyakarta (selain KK Book Rental, yang lainnya belum pernah saya kunjungi langsung):

KK Book Rental (Cabang Baciro), Jl. Dr. Soetomo

Foto diambil November 2019, sumber: Google Maps

Keterangan lokasi:
Buka setiap hari jam 08.00-21.00. Hari Minggu tutup 2 jam (15.00-17.00).
Di bawah flyover stasiun kereta api Lempuyangan. Di sebelahnya ada warung makanan cepat saji Pro Chicken, dan ada plang KK Book Rental, jadi mudah dikenali.
Lokasi berdasarkan Google Maps

Koleksi:
Berbagai komik, novel Indonesia baru dan lawas (karya Mira W., NH Dini, Maria A. Sardjono cukup banyak), novel teenlit, novel terjemahan (tidak selengkap perpustakaan tentunya; karya Agatha Christie cukup banyak), kumpulan cerita silat Kho Ping Hoo dkk (banyak banget). Yang menarik, ada novel langka lawas yang masih berukuran raksasa (30 cm-an) seperti Musashi, Gone with the Wind. Rutin memperbarui koleksi.

Harga sewa:
10% dari harga beli komik. Dengan kata lain, makin baru terbitan komiknya, makin mahal (karena harga komik naik terus, huft). Berkisar antara 500-3000 rupiah per komik.

Durasi peminjaman:
7 hari, maksimal 10 komik.

Ini langganan saya, dan satu-satunya rental yang saya kunjungi sampai sekarang. Penjaganya ramah dan friendly. Per 2021, menambah fasilitas jasa kantor pos. Sistem peminjaman dicatat dan direkap manual. Denda tidak besar, saya pernah terlambat sekitar 1-2 bulan untuk 10 komik lama dan didenda sekitar 50 ribu. Untuk komik baru, hanya 1 hari peminjaman dan dendanya jahat :( Jangan sampai telat mengembalikan komik baru! Pembayaran denda bisa dicicil kok~

Taman Bacaan Rizky, Condongcatur
Buka setiap hari jam 09.00-21.00.
Lokasi di ringroad utara, lebih dekat ke UPN, pinggir jalan banget jadi kalau mau ke sini sebaiknya jangan ngebut nanti kelewatan hahaha. Ada plang Taman Bacaan Rizky di pinggir jalan tapi agak kecil.
Lokasi berdasarkan Google Maps (ulasan terbaru masih beroperasi Desember 2021).

Belum pernah ke sini, tapi banyak ulasan yang memberi keterangan kalau koleksinya banyak banget. Di beberapa foto menunjukkan bukunya nggak muat masuk rak lagi, jadi berjejalan dan saling menutupi. Menurut wawancara, jumlah koleksi buku dan komik di Taman Bacaan Rizky >10.000. Will definitely check!

Berikut ini ada beberapa rental komik lain yang punya ulasan, foto, dan penilaian di Google Maps, tapi belum bisa saya pastikan masih beroperasi atau tidak karena jauh dari range keluyuran saya.
Kapan-kapan akan saya kunjungi~

Jambusari Komik, Ngemplak
Ulasan terbaru Mei 2021, kalau mau berkunjung sebaiknya menghubungi nomor kontaknya dulu.
Lokasi berdasarkan Google Maps.

KK Book Rental (Cabang Condongcatur)
Ulasan terbaru masih beroperasi Februari 2019.
Lokasi berdasarkan Google Maps.

Conan Book Rental, Seturan
Ulasan terbaru masih beroperasi Juli 2019.
Lokasi berdasarkan Google Maps.

Selamat membaca!

Comments