Skip to main content

Mizuki, Si Makcomblang Rahasia

Ditulis dalam rangka memperingati 11 tahun hiatus serial komik klasik Topeng Kaca.

Major spoiler... ah, sebodo, udah hiatus 11 tahun.

Kita mengenal istilah pengagum rahasia. Dia yang diam-diam menyimpan rasa, yang mencuri pandang, yang memendam rindu. Yang mungkin sedang mengumpulkan keberanian untuk mengungkapkan isi hati, karena merasa puas memandang dari jauh seringkali adalah kebohongan pada diri sendiri.

Hanya saja, sekretaris CEO muda Daito Entertainment, Saeko Mizuki—dalam serial komik remaja klasik Topeng Kaca—ini bukan pengagum rahasia biasa. Kalau di dunia fandom, Mizuki ini bisa disebut seorang shipper, bahkan mungkin salah satu shipper pertama di dunia manga. Sampai hari ini saya belum nemu istilah padanan bahasa Indonesianya, mungkin pakai istilah makcomblang saja kali ya?


Tidak banyak yang membahas peran sekretaris tegas berhati lembut satu ini. Selain karena komiknya juga serial lawas yang mungkin hanya diketahui penggemar era '90 hingga 2000-an, peran Mizuki juga mungkin hanya dibaca sambil lalu.

Setelah puluhan kali membaca ulang Topeng Kaca, saya menyadari bahwa Mizuki adalah orang pertama yang mendukung hubungan Maya dan Masumi, bahkan sejak sebelum keduanya saling menyadari perasaan satu sama lain. Dengan kata lain, Mizuki nge-ship Maya dan Masumi. Beruntung ya Mizuki, kapalnya berlayar.

Sebagai sekretaris, bisa dibilang Mizuki adalah orang yang paling tahu seluruh kegiatan Masumi Hayami. Tentu mudah baginya untuk menjaring informasi tentang si Mawar Ungu. Dia orang pertama yang mengetahui identitas asli Mawar Ungu, bahkan dengan perangkap kecil untuk membuat Masumi mengaku dari mulutnya sendiri.

Mizuki-lah yang memberi sentakan pertama agar Masumi menyadari (dan mengakui) perasaannya pada Maya. Walau harus kena tampar sedikit dari Masumi yang gugup nan panik.

"Dia akan menjadi wanita yang pantas untuk Anda cintai."
Yeah, drill that in your brain, Masumi.

Mizuki sempat menjadi manajer Maya saat tokoh utama kita sedang debut sebagai artis elit. Selama menjalani pekerjaan ini, Mizuki yang kompeten dan profesional sangat memperhatikan karir dan kesehatan Maya. Dia tidak segan melawan bosnya, Masumi Hayami, yang beberapa kali kelewatan dalam menjalankan rencana-rencana manipulatif dan berakibat buruk untuk Maya. 

Tidak jarang Mizuki pula yang menasihati Maya, bahwa Masumi tidak pernah mengambil sebuah keputusan tanpa alasan, memberikan petunjuk tidak langsung kalau Masumi selalu berusaha memberikan bantuan terbaik untuk Maya, dengan cara seaneh apapun.

Flawless and competent, Saeko Mizuki.

Selain Hijiri, Mizuki adalah bagian dari inner circle yang mengetahui sifat asli dan motivasi Masumi. Mizuki juga satu-satunya orang dekat yang terang-terangan bersimpati pada pertunangan Masumi dengan Shiori yang cucu konglomerat, demi derajat keluarga dan perusahaan. Saya yakin Mizuki juga akan jadi orang pertama yang mendukung pembatalan pernikahan Masumi dan Shiori *yeaaah*  ৻( •̀ ᗜ •́ ৻)

Semoga Miuchi-sensei memberikan akhir bahagia juga untuk Mizuki, sekretaris dan manajer setia. Tolong Sakurakoji juga diberi akhir bahagia, soalnya peran second male lead sering dapat yang sedih-sedih dan dipaksa legawa.

Walau sudah 11 tahun hiatus dan dua kali diberi harapan palsu, saya masih sabar menunggu, Miuchi-sensei. Sehat selalu.

P.S.
OTP saya di Topeng Kaca tetap Masumi dan Maya, tapi diam-diam Hamyll dan Ayumi oke banget nggak sih? Setelah CEO dan artis, fotografer dan artis juga boleh dong.

Topeng Kaca diterbitkan ulang oleh Gramedia dalam versi Deluxe (total 26 volume).

Comments