Skip to main content

Young Samurai #1 - The Way of The Warrior (Chris Bradford)

Seru banget! Jadi pengen jadi samurai deh. Seri pertama dari Young Samurai, Way of The Warrior diterbitkan tahun 2008. Ketika saya telah menyelesaikan volume 1, ternyata seri asli sudah berlanjut sampai volume 9. Saat tulisan ini dibuat, di Indonesia baru beredar sampai volume 3.

Young Samurai ditulis oleh seorang ahli macam-macam beladiri, Chris Bradford. Di bagian keterangan pengarang, diketahui kalau Chris Bradford itu juga seorang musisi terkenal yang pernah pentas di depan Ratu Elizabeth II. Multitalent banget ya. Chris Bradford belajar judo mulai usia 8 tahun. Menguasai Karate, Muay Thai, Kickboxing, Aikido, Taijutsu (jurus ninja gitu deh, dari master aslinya), Iaido (semacam seni berpedang), dan Wado Ryu Karate. Dalam sekilas wawancara, Chris sendiri bilang kalau kisah Young Samurai buku pertama ini ditulisnya dalam waktu yang sangat singkat--hanya dua bulan!

Minor spoiler ahead.

Diawali dengan terbunuhnya Masamoto Tenno, putra samurai terkenal di Jepang pada masa itu oleh ninja bermata satu dengan warna hijau--Dokugan Ryu, novel ini pada akhirnya bercerita tentang seorang anak cowok bernama Jack Fletcher, keturunan Inggris. Ayah Jack seorang nakhoda handal dan bersama Jack serta awak kapal lainnya, mereka mengarungi samudra berusaha mencari Kepulauan Jepang. Jack adalah seorang pemanjat tiang kapal yang terbaik di antara awak lainnya.

Dalam perjalanan, kapal mereka, Alexandria, diterjang badai. Banyak orang tenggelam dan Jack berusaha menyelamatkan kapal dengan membentangkan paksa layar tiang utama (manjat dulu tentunya). Setelah melewati malam panjang, Alexandria terdampar di sebuah pulau yang ternyata Jepang itu sendiri. Dalam masa perbaikan kapal, mereka diserang ninja Jepang yang mengincar rutter, semacam peta dan keterangan-keterangannya yang amat berharga milik ayah Jack. Semua awak terbunuh, termasuk ayah Jack. Tinggal Jack seorang diri terdampar sebagai orang asing di daratan yang tidak dikenalnya. Yang ia tahu, pembunuh ayahnya bermata satu berwarna hijau.

Jack ditolong oleh ayah Masamoto Tenno, yaitu Masamoto Takeshi, samurai handal yang punya bekas luka bakar seperti meleleh di wajahnya. Masamoto Takeshi memutuskan untuk mengadopsi Jack karena merasa kesamaan nasib. Dibantu keponakan sang samurai, Akiko Date yang cantik dan tangguh, Jack berusaha bertahan hidup di Jepang. Akiko banyak membantu Jack dan menjadi teman pertama Jack di Jepang.

Jack ikut masuk ke sekolah samurai Niten Ichi Ryu bersama Akiko dan Yamato, putra kedua Masamoto Takeshi yang menyimpan iri hati pada Jack. Jack memelajari banyak hal tentang menjadi samurai : kyujutsu, taijutsu, kenjutsu, dan Zen serta tentang orang Jepang itu sendiri. Sebagai gaijin, orang asing dalam artian negatif, Jack mengalami banyak penghinaan yang mengharuskannya untuk membuktikan diri bahwa ia pantas dihormati.

Permusuhan, pengkhianatan, persahabatan dan tujuan hidup Jack semua diceritakan dengan indah dan alur yang mengalir. Di akhir novel, Jack memutuskan untuk menekuni bushido--jalan samurai. Tentu saja perjalanannya untuk jadi seorang samurai sejati diceritakan di seri-seri berikutnya...

Catatan saya

Ceritanya mudah dipahami dan enak dibaca. Tidak berbelit-belit dan aksi-aksi beladirinya diceritakan dengan detail. Keren banget! Cocok untuk dibaca anak-anak terutama remaja yang mengharapkan cerita penuh aksi dan petualangan. Bukan berarti orang dewasa nggak boleh baca, novel ini bisa jadi hiburan segar buat kepala yang penat karena masalah hidup wkwkwk ^^

Di dalam novel ini juga terdapat beberapa gambar yang dimaksudkan untuk memudahkan pembaca memahami ceritanya. Gambarnya keren lho!

Ups! Tambahan: di buku ini terdapat banyak istilah dalam bahasa Jepang beserta arti dan petunjuk penggunaannya. Jadi, kita bisa sekalian sedikit belajar bahasa Jepang.

Seri novel ini sudah berakhir di volume 9.
  1. Young Samurai - The Way of the Warrior (2008)
  2. Young Samurai - The Way of the Sword (2009)
  3. Young Samurai - The Way of the Dragon (2010)
  4. Young Samurai - Ring of The Earth (2010)
  5. Young Samurai - Ring of The Water (2011)
  6. Young Samurai - Ring of The Fire (2011)
  7. Young Samurai - Ring of The Wind (2012)
  8. Young Samurai - Ring of The Sky (2012)
  9. Young Samurai - The Return of the Warrior  (2019)

Selengkapnya dapat dilihat di situs resmi: http://www.youngsamurai.com/

Menarik untuk diketahui bahwa ada 7 tahun gap antara volume 8 dan 9. Saya baru baca volume 1 dan volume 3. Di Indonesia sudah terbit semuanya belum ya?

Update 23 Februari 2022

It's 2022 and there's no continuation in Indonesia. Help. Saya baca waktu SMA, masa sampai lulus kuliah masih belum lanjut juga. Ini sih bikin pembaca Indonesia udah sampai lupa ceritanya, tega banget deh, penerbit, tolong? :(

Comments